Minggu, 22 Februari 2015

CARA MEMBEDAKAN BAHAN BATU BACAN DOKO



Bagi penggemar batu mulia sungguh akan sulit membedakan batu Bacan Doko dengan batu Garut. Namun sebagian pedagang batu, tentu akan sangat mudah membedakan kedua batu itu secara sepintas. Batu itu hampir memiliki kesamaan dengan warna hijau.

"Sulit membedakan batu bacan Doko dengan batu Garut bagi orang awam," tutur Boncos alias Siswanto pedagang batu di Pinggir KBT kepada detikcom, Selasa (5/8/2014).

Terlebih batu Bacan yang sudah berwarna kristal hijau dengan batu Garut. Banyak penggemar batu pemulai tertipu dari fisik kedua batu itu.

"Batu Garut dengan bacan Doko sepintas sulit dibedakan baik dari bahan baku maupun yang sudah jadi. Kembali lagi kepada pedagang sekarang banyak yang memanfaatkan kelemahan penggila batu bacan," tuturnya.

Menurutnya Batu Bacan memiliki serat-serat khusus jika disenter. Hal itu yang membedakan bacan doko dengan batu mulia Garut.

"Kalau sudah di poles keduanya memiliki harga yang tinggi tetapi banyak pedagang yang nyari untung dengan jual bahan baku batu Garut semahal harga bahan baku Bacan Doko. Secara proses pembentukan Bacan Doko kita dapat prediksi tetapi Batu Garut tidak dapat diprediksi meski lama kita tunggu bisa-bisa amsiong tak ada harganya karena tidak dapat terbentuk," ujarnya.

Aji Pedagang Batu Bacan pun juga mengatakan jika yang asli maka guratan hitam akan memudar jadi hijau. Hal itu juga dapat dilihat dari kelincinan batu.

"Sangat berbeda dari segi bentuk bisa dibedakan jika pengemar batu," kata Aji.

Selain itu ada cara aman bagi pembeli yang hendak memiliki batu bacan. Menurutnya Bacan kristal selalu memiliki sertifkat keaslian.

"Sebenarnya tinggal kita tanya apa ada surat-surat atau tidak biasanya kalau tidak ada surat dan sudah berbentuk kristal hijau ini perlu dipertanyakan keaslianya," ungkapnya.


                                    by:jhaez031

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar